Jurnal RISET Geologi dan Pertambangan

  • ISSN 0125-9849 (print)
  • ISSN 2354-6638 (online)
  • Accreditation Number : 730/AU3/P2MI-LIPI/04/2016

Jurnal Riset Geologi dan Pertambangan, terbit secara berkala dua kali dalam satu tahun, telah terakreditasi LIPI sebagai Jurnal Ilmiah dengan No. 329/E/2016 tanggal 24 Maret 2016. Naskah Karya Tulis Ilmiah yang disampaikan merupakan tulisan mengenai berbagai aspek hasil penelitian dan pengembangan di bidang geologi, geofisika, pertambangan dan bidang ilmu kebumian lainnya baik sains maupun terapan. Naskah belum pernah di publikasikan dan tidak sedang diajukan pada jurnal atau majalah lain. Semua Karya Tulis Ilmiah yang masuk akan melalui pemeriksaan oleh Dewan Redaksi, kemudian akan direview oleh dua pakar yang sesuai dengan kompetensinya. Jurnal RISET Geologi dan Pertambangan di terbitkan oleh Pusat Penelitian Geoteknologi – LIPI, dalam bentuk online maupun cetak.

Karya Tulis Ilmiah ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris sesuai dengan kaidah penulisan  Karya Tulis Ilmiah masing masing bahasa. Dewan Redaksi berhak memperbaiki tatabahasa dan peristilahan, namun isi tulisan menjadi tanggung jawab Penulis dan Dewan Redaksi tidak bertanggung jawab atas tulisan tersebut. Naskah  Karya Tulis Ilmiah yang isi dan formatnya tidak sesuai dengan petunjuk penulisan  jurnal RISET Geologi dan Pertambangan akan ditolak oleh Dewan Redaksi dan Dewan Redaksi tidak berkewajiban untuk mengembalikan Karya Tulis Ilmiah tersebut.

Karya Tulis Ilmiah pada Jurnal RISET Geologi dan Pertambangan telah terindeks oleh Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)Indonesian Publication Index (IPI)Google ScholarCrossref, Directory of Open Access Journals (DOAJ) dan Open Academic Journals Index (OAJI).

   
 
 
 

Sejarah penerbitan publikasi ilmiah oleh Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI (atau dahulu masih bernama Lembaga Geologi dan Pertambangan Nasional - LGPN) diawali oleh publikasi berbahasa Inggris "The Bulletin of National Institute of Geology and Mining" yang terbit sejak tahun 1968. Kemudian Jurnal Riset Geologi dan Pertambangan mulai terbit sejak September 1977 dengan maksud mengakomodasi tulisan berbahasa Indonesia. Namun sejak itu "RISET" menggantikan "Bulletin NIGM" dalam mempublikasi hasil-hasil riset dari para peneliti di Pusat Peneltian Geoteknologi LIPI. Mengikuti perkembangan global yang berkaitan dengan penerbitan jurnal, saat ini Jurnal RISET juga menerima naskah dari luar institusi, baik dari dalam maupun luar negeri, baik ditulis dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris.
 
 

Announcements

 

Akreditasi Baru

 

Jurnal Riset Geologi dan Pertambangan telah mendapatkan sertifikat akreditasi baru berdasarkan SK Kepala LIPI No. 329/E/2016 tanggal 24 Maret 2016.

 
Posted: 2016-06-17
 
More Announcements...

Vol 26, No 1 (2016)

RISET GEOLOGI DAN PERTAMBANGAN

Table of Contents

Cover Depan
 

Articles

Iskandar Zulkarnain
PDF
1-13
Bagus Dinda Erlangga, Dedi Mulyadi, Sri Yudawati Cahyarini
15-21
Isyqi Isyqi, Mochammad Aziz, Arifudin Idrus
23-39
Eko Soebowo
41-54
Didik Dwi Atmoko, Anastasia Dewi Titisari, Arifudin Idrus
55-67
Marfasran Hendrizan, Rina Zuraida, Sri Yudawati Cahyarini
69-78
Cover Belakang