Publication Ethics


Publication Ethics can be downloaded here.


Untuk Penulis :

  1. Naskah karya tulis ilmiah harus mengikuti petunjuk penulisan yang diminta oleh jurnal.
  2. Karya tulis ilmiah merupakan hasil penelitian dengan hasil yang sebenarnya, dan bukan hasil  fabrikasi atau falsifikasi data.
  3. Karya tulis ilmiah  merupakan tulisan original dan harus bebas dari plagiarism. Hasil penelitian dan publikasi-publikasi terdahulu yang relevan, baik karya penulis lain maupun karya sendiri, harus dimasukkan ke dalam referensi atau daftar pustaka.
  4. Penulis diharapkan tidak memasukkan satu naskah tulisan ke lebih dari satu jurnal pada waktu yang sama. Dan jika sudah diterbitkan di suatu jurnal, penulis tidak diperkenankan memasukkan naskah hasil penelitian yang sama ke jurnal lain.
  5. Naskah karya tulis ilmiah harus memuat detail dan referensi yang cukup agar pembaca dapat memahami dan jika diperlukan dapan meniru pekerjaan yang disampaikan.
  6. Penulis harus menyatakan/menyebutkan semua sumber data, serta mensitasi semua publikasi yang digunakan.
  7. Kepengarangan harus merefleksikan kontribusi masing-masing anggota penelitian dalam pekerjaan dan pelaporan. Kepengarangan harus dibatasi pada mereka yang memberi kontibusi dalam konsep, desain, pelaksanaan dan interpretasi penelitian. Anggota penelitian lain yang membantu dalam hal-hal teknis atau hal-hal lainnya dapat dicantumkan dalam bagian “Ucapan Terimakasih”.  Semua penulis harus sudah setuju akan isi tulisan dan akan pemasukan nama mereka ke dalam daftar penulis.
  8. Semua sumber pendanaan penelitian perlu dicantumkan.